Review Buku: Love to Hate You dari Camilla Isley

by - Agustus 07, 2023


      Bacaan dengan latar small-town selalu punya tempat di aku, soalnya kebanyakan punya kesan hangat, tenang dan syahdu. Mengingat beberapa pedesaan masih asri dengan hijau-hijauan dari pohon dan sawah. Nah, kali ini aku pengen nulis review buku romance-comedy dengan latar small-town di Indiana, Amerika Serikat. 

Sinopsis Buku

     Samantha adalah seorang produser kompeten di New York, dia adalah tipe city girl yang nggak pernah membayangkan bakal ninggalin kota, apalagi tinggal di pedesaan di pinggiran kota. Sayangnya, salah satu film yang diambil di Emerald Creek, sebuah daerah kecil di Indiana, mengalami kendala sehingga ia harus pergi ke sana selama 3 bulan agar filmnya bisa lekas selesai. Kira-kira kendalanya apa ya?

     Setiba di desa, Samantha langsung disambut dengan sapi yang menghadang jalan hingga tanah berlumpur yang mengotori sepatu kesayangannya. Tak hanya itu, dia juga bertemu dengan pemilik sapi itu bernama Travis, seorang cowboy yang suka iseng, apalagi pas tau kalau Samantha tipikal anak kota yang terbiasa tinggal di desa.

     Yang namanya kota kecil, pasti orangnya ya itu-itu aja. Di Emerald Creek pun Samantha harus sering berpapasan dengan Travis, karena mau nggak mau keadaan mengharuskan mereka sering bertemu. Tak banyak yang tau, Travis pun ternyata menyimpan kerinduan terhadap kehidupannya di kota dulu. Di mana hal ini yang bikin mereka bisa nyambung.

     TAPI, karena suatu hal, Travis nggak bisa ninggalin desanya. Begitu juga dengan Samantha, yang karirnya di New York jauh lebih menjanjikan. Kalau mereka serius dengan hubungannya, salah satu dari mereka harus ada yang ngalah. Sayangnya, bagi Samantha ninggalin karir nggak semudah itu. Begitu juga dengan Travis, ninggalin semua yang ada di kampung halamannya bukanlah hal yang bisa lakukan dengan mudah. Terus, hubungan mereka bakal gimana? Apakah mereka kembali dengan hidupnya masing-masing? Atau menemukan solusi yang terbaik untuk keduanya?

Kesan terhadap Buku

     Sebenarnya buku ini adalah buku ke empat dari salah satu seriesnya Camilla Isley. Tapi bisa dibaca sendiri sih, nggak harus urut. Nah, dari ke empat seriesnya, buku ini adalah yang paling aku suka. Soalnya dari segi tokoh, karakter, humor dan latar ceritanya bener-bener sesuai dengan seleraku.

     Samantha digambarkan sebagai perempuan kompeten yang fokus banget dengan karirnya, sementara Travis adalah laki-laki iseng yang punya soft spot terhadap ibu dan kampung halamannya. Meskipun kedua karakter tokoh berbeda, tapi ketika disatukan malah seru. Humornya pun pas, nggak terlalu berlebihan atau kasar terhadap satu sama lain.

     Terkait latar pedesaannya, juga digambarkan dengan baik. Aku bisa bayangin seperti apa kira-kira latar tempatnya, karena cara penulis deskripsiin tempatnya lumayan detail, seperti rumput di tana berlumpur, atau air terjun alaminya. Begitu juga cara penulis gambarin suasana desa, seperti adanya festival olahraga sebagai hiburan warga, atau festival hari kemerdekaan yang diisi dengan beberapa perlombaan dan bazar (kayak di Indonesia ya).

     Mengenai alur cerita, awal-awal mungkin agak terlalu detail ya penjabaran terkait kondisi Samantha, tapi begitu masuk chapter di mana Samantha udah tiba di desa, penulisannya udah mulai seru. Perkembangan hubungan mereka pun juga termasuk natural dan nggak terlalu cringe.

     Akan tetapi, penyelesaiannya menurutku agak terlalu terburu-buru. Apalagi jarak antara "kondisi hubungan damai" menuju "konflik" dan "solusi", nggak stabil. Maksudnya, setelah dibuai dengan damainya hubungan keduanya, tiba-tiba konflik yang penjabarannya kurang detail. Tiba-tiba muncul solusi aja, dan nggak dijabarin lagi cara kerja solusi ini.

     Meski demikian, aku tetap suka sama buku ini. Nggak tau kenapa, setelah baca ini jadi pengen jalan-jalan lihat sawah dan lihat petani lagi panen. Pokok berasa syahdu deh.

     Demikian review buku Love to Hate You dari Camilla Isley. Buat yang udah baca sampai selesai, terima kasih ya!

You May Also Like

0 comments