Review Buku: Teka-Teki Rumah Aneh dari Uketsu

by - Agustus 29, 2024



      Udah lama banget nggak baca buku yang bikin aku kepo dan dagdigdug dari sebuah misteri. Setelah penantian panjang, akhirnya dapat giliran baca Teka-Teki Rumah Aneh dari Uketsu, di app Ruang Buku Kominfo. Seperti biasa, buku yang habis aku baca ini adalah literature Jepang ya. Meskipun ini buku misteri, tapi ternyata super ringan dan page turner, karena ada ilustrasi denah rumah di setiap asumsi para tokohya. Nah, buat kalian yang pengen baca buku misteri ringan, atau lagi reading slump, yuk baca review-ku terkait buku ini. Tenang, nggak akan ada spoiler kok! ;)

     Cerita di buku ini diawali dengan tokoh aku yang seorang penulis misteri, tiba-tiba dimintai pendapat oleh seorang teman yang ingin membeli rumah. Biar nggak bingung, teman si "aku" ini namanya Yanaoka. Nah, si Yanaoka ini ragu karena rumah yang dipinangnya punya denah aneh. Karena tokoh aku tidak terlalu paham dengan denah dan arsitektur, dia pun meminta pendapat temannya yang seorang arsitek, namanya Kunihara. Tokoh aku dan Kunihara selanjutnya mulai menganalisa denah rumah dengan berbagai asumsi liar.

     Karena tokoh aku ini penasaran setengah mati, akhirnya dia menulis artikel dan mengajak pembacanya untuk mendiskusikannya, meskipun lokasi dan bentuk rumahnya disamarkan. Berbekal asumsi dasar yang dibagikannya lewat artikel, muncul seorang perempuan yang membantu mengarahkan tokoh aku dan Kunihara ke sebuah rahasia kelam terkait rumah tersebut.

     Asumsi liar tokoh aku dan Kunihara mulai berubah menjadi kenyataan satu-persatu. Lantas, seperti apa teka-teki di balik denah rumah itu? Bagaimana tokoh aku dan Kunihara menemukan jawabannya?

     Sekarang masuk ke review. Dari segi narasi, buku ini ringan banget dan bisa dibaca sekali duduk. Dibantu dengan denah-denah rumah yang sering muncul ketika para tokoh menyampaikan analisisnya, bikin pembaca nggak perlu bolak-balik ke gambar pertama.

     Untuk element of surprise, menurutku buku ini masih kategori standar, Bukan tipe buku yang plot twist banget, tapi cukup bikin penasaran. Di setiap lembarannya, kita akan disuguhkan dengan fakta baru yang menurutku malah bikin semangat buat selesaiin, karena pengen tau jawabannya. Dan yaah, analisa tokoh aku dan Kunihara yang awalnya terlihat konyol, ternyata malah lebih parah kenyataannya. Buat beberapa orang yang gampang ke-trigger dengan pembunuhan, mutilasi dan semacamnya, sepertinya harus agak hati-hati. Soalnya penjelasannya lumayan bikin kebayang.

     Yang aku suka dari buku ini, alurnya to the point, bahasanya ringan dan page turner, masalah yang diangkat juga lumayan sering terjadi di masyarakat, terutama masyarakat tradisional yang percaya akan hal ghaib. Sementara yang aku kurang suka, mungkin di ending agak gantung ya, soalnya bukannya menjawab pertanyaan, tapi malah memberikan pertanyaan baru. Tapi ini bukan masalah yang berarti, mengingat ini hanyalah preferensi.

     Pesan moralnya, jangan gampang percaya ke siapapun, terutama orang di luar keluarga. Banyak penyusup yang punya niat buruk ke diri kita. Selain itu, menghentikan ritual ala sekte itu bukan hal yang gampang, apalagi kalau lingkungan masih sama-sama kolot. Butuh pengorbanan yang sangat besar.

     Demikian review buku Teka-Teki Rumah Aneh dari Uketsu, terima kasih buat yang udah baca. Sampai jumpa di review buku selanjutnya! :D


You May Also Like

0 comments