Kisah Zul, Tito dan Mae, Kucingku yang Meninggal Karena Panleukopenia

by - September 01, 2024

     Bukan tentang buku, tapi ini tentang kisah kucing-kucingku yang meninggal karena Panleukopenia. Jadi postingan sekarang, mungkin terkesan personal. Karena aku nulisnya juga sambil nangis.

      2 bulan lalu, tepatnya tanggal 27 Juni 2024, lahir 3 ekor kucing lucu bernama Zul, Tito dan Mae. Mereka lahirnya memang dalam keadaan ringkih, soalnya induknya hamil di usia 4 bulan. Tapi biar begitu, aku sebisa mungkin ngasih makanan terbaik yang aku bisa. Di usia 1 bulan, aku mulai ngasih makanan basah merk Royal Canin Mom and Baby, kadang Whiskas junior atau Cat Choize, pokok yang basah, untuk bantu nutrisi mereka mengingat ASI ibunya nggak terlalu banyak.

     Tapi takdir berkata lain, tanggal 30 Agustus kemarin, Mae meninggal, 31 Agustus Zul giliran nyusul Mae, dan pagi tadi, Tito pergi juga. Mereka mengidap virus mematikan, yakni Panleu.

     Sedih karena aku awam banget soal kucing, jadi Mae meninggal sendirian, karena pas itu aku tidur siang. Karena nyesel, aku akhirnya memutuskan untuk jaga Zul dan Tito hampir 24 jam. Dan keduanya meninggal di depanku :').

     Gejala awal, mereka bab-nya warna putih dan cair, tapi telat sadar, dan setelah Mae meninggal, aku langsung bawa Tito dan Zul ke dokter, tapi sayangnya dokter sendiri udah terlihat pasrah dan nggak ngasih pengetahuan yang lengkap terkait Panleu.

     Tanggal 29 Agustus, Mae masih makan lahap, tapi Tito dan Zul lemes. Tapi aku lengah banget, aku kira mereka GTM karena mereka berdua makannya agak picky.

     Tanggal 30 Agustus, Mae meninggal pas tidur, otomatis aku panik dan langsung bawa Tito dan Zul ke dokter. Mulai jam 8 malam, aku stand by tiap 1 jam sekali buat ngasih makan dan minum lewat pipet. Mereka aku taruh dalam kamarku biar bisa ngawasin. Tapi sayang, Zul sepertinya tau kalau Mae udah nggak ada. Alhasil dia manggil-manggil Mae dan lari ke tempat biasanya Mae sembunyi.

     Tanggal 31 Agustus, aku udah mulai curiga kalau Zul bakal nyusul. Soalnya dia sering keluar kamar buat nyari tempat gelap dan sembunyi. Entahlah, mungkin Zul tau kalau misal dia meninggal, aku bakal nangis sekeras ketika Mae meninggal. Sebisa mungkin aku tetep pipetin makan ke dia, awalnya lahap, tapi semakin sore, keadaannya drop.

     Jam setengah 6 sore, aku makin was-was dan udah bersiap buat ikhlas, soalnya kaki belakang Zul udah nggak bisa bergerak, bibirnya pucat, makanan yang aku pipet juga nggak ketelan. Aku temanin dia sambil ngomong, "aku sayang Zul, bilangin Mae aku juga sayang sama dia, sampaiin maafku ke Mae karena nggak nemenin dia di saat terakhirnya". Dan setelah Iqamat maghrib, Zul meninggal. Jadi sakaratul mautnya hampir setengah jam. Aku nangis antara sedih dan lega, karena akhirnya dia udah nggak sakit lagi.

     Malamnya, Tito mulai drop. Aku udah siap jika semisal dia nyusul Zul, apalagi jam 9-10 dia nggak respon makanan seperti biasanya. Aku temenin dia sambil ngasih lihat video-video lama dia dan saudara-saudaranya. Dia lihat sambil sesekali mengeong lirih, setelah itu aku cuma bisa ngajak omong  "Aku sayang sama Tito, aku udah ikhlas kalau Tito nyusul Mae dan Zul, asal udah nggak sakit. Sampaikan maafku ke Zul dan Mae kalau selama ini aku kurang maksimal dalam rawat kalian, baik pas sehat atau pas sakit. Bilang ke Mae dan Zul juga, buat sering-sering datang ke mimpiku ya. Aku bakal kangen kalian. 2 bulan sama kalian beneran berkesan". Sambil bacaan sholawat dan doa-doa, sampai dia tidur.

     Tanggal 1 September, jam setengah 1 pagi, aku mimpi Mae dan Zul main di kandang terbuka yang ada di halaman luas, nggak tau itu di mana. Habis itu kebangun dengan suara erangan Tito, dan lanjut ngasih makan dia. Ternyata dia masih respon, meskipun hanya sedikit.

      Jam 3-an, aku bangun lagi, dan pas lihat dia di kursi tempat dia tidur, udah nggak ada. Ternyata dia pergi ke kolong meja. Aku ambil dia, lalu kubalikin ke tempatnya, eh ternyata dia minta turun dan lampunya dimatiin. Lalu aku pakai lampu redup buat ngajak dia ngobrol, sambil ngasih minum, tapi udah nggak respon. Nafasnya masih normal, lalu balik tidur lagi.

     Adzan subuh dia kebangun lagi, mau lari ke kolong tapi aku tangkap. Jadi posisinya dia udah di lantai, lalu aku ambil alasnya dia di kursi, buat alas dia di lantai. Dia mengerang non-stop, lalu naik ke pangkuanku. Aku ajak dia ngomong seperti kemarin sambil bacain shalawat. Sampai akhirnya setelah Iqamat subuh, sekitar jam 5 kurang seperempat, dia meninggal.

     Selanjutnya, dia dikuburkan di deket Mae dan Zul. Oh iya, ketiganya dibungkus pakai kain umbul-umbul warna merah putih, karena 2 alasan: 1. Semasa mereka sehat, mereka sering main pakai umbul-umbul itu untuk tempat sembunyi atau jumpalikan, sampai sobek dikit. 2. Sebagai simbol perjuangan mereka terhadap penyakit mematikan, sekaligus perjuangan mereka bertahan hidup dengan kondisi imun yang lemah sejak lahir. Di makam mereka ditindihin pot bunga kamboja, tempat mereka main tanah dulu.

     Sudah ikhlas, tapi sedihnya masih ada. Sering kepikiran kalau selama ini aku kurang maksimal dalam merawat mereka, sampai bisa kena virus itu. Sering marah juga pas mereka ee sembarangan atau pas mereka keluar tempat teritorinya kebablasan (soalnya takut dimakan kucing jantan yang diduga bapaknya mereka).

     Zul, Tito, Mae, aku kangen bersihin kandang kalian, kangen jemur kalian pas pagi, kangen siapin makan buat kalian, kangen angkat-angkat kalian sampai kalian cakar, kangen suara kalian :'). Entahlah, setelah ini mau pelihara kitten lagi atau enggak. Yang jelas, mau fokus ke induk mereka yang lagi berduka sampai nggak mau makan semenjak mereka sakit :'(. Karena induknya gabisa nyusuin, jadi cuma bisa lihat mereka dari jauh.

     Banyak orang bilang, kucing tidak akan masuk surga. Tapi aku percaya, urusan ruh makhluk hidup itu rahasia Allah. Bisa jadi kucing ikut ke surga, dan bersama pemiliknya saat di dunia. Aku berharap, aku bisa ketemu sama Zul, Tito dan Mae lagi.

     Tujuan aku nulis ini buat habisin masa grieving yang entah akan selesai kapan. Jadi sebagai tempat pelampiasan emosi saat ini. Zul, Tito, Mae, sekali lagi, aku sayang banget sama kalian. Sekali lagi maaf kalau kalian kurang ngerasa disayang karena perasaannya harus terbagi, dan maaf kalau aku belum bisa kasih surga buat kalian selama di dunia :'(.

     Belum bisa posting foto mereka, soalnya masih belum siap.

You May Also Like

0 comments