Review Buku: The Door to Door Bookstore dari Carsten Henn

by - Februari 29, 2024


      Pecinta buku heartwarming merapat!! Kali ini, aku mau review buku yang sangat hype di kalangan bookstagram, soalnya banyak yang bilang, novel  ini ngasih rekomendasi bacaan kepada pembacanya. Judul bukunya adalah, The Door to Door Bookstore dari Carsten Henn. Seperti apa sih bukunya?

     The Door to Door Bookstore dari Carsten Henn berkisah tentang seorang kakek tua bernama Carl Kollhoff yang mengantarkan pesanan buku ke para pelanggannya sepulang dia berjaga di sebuah toko buku. Di sebuah perjalanannya mengantar buku-buku tersebut, datang sorang gadis berusia 9 tahun yang suka mengikuti Carl ke manapun dia mengantar bukunya. Awalnya Carl merasa risih, akan tetapi karena si gadis kecil ini tidak menganggunya, Carl hanya membiarkannya aja.

     Karena kebanyakan pelanggan yang bukunya diantar oleh Carl sudah sering menggunakan jasa Carl, mereka jadi semakin akrab dan lama kelamaan merasa seperti terikat satu sama lain. Sebab tak hanya mengantar, tapi Carl juga ngasih rekomendasi buku kepada mereka yang bingung mau baca apa. Sehingga secara nggak langsung, mereka adalah "teman".

     Suatu hari, toko buku tempat Carl bekerja memecat Carl, lantaran pemiliknya telah meninggal dan toko tersebut diambil alih oleh penerusnya. Apa yang akan dilakukan Carl selanjutnya? Bagaimana dia bisa bertemu pelanggan-pelanggannya kalau sudah tidak bekerja? Bagaimana nasib gadis 9 tahun yang selalu mengikuti Carl mengantar buku?

     Tokoh Carl di sini digambarkan sebagai sosok yang judes tapi sebenarnya sensitif dengan orang sekitarnya. Jauh di lubuk hatinya dia sangat peduli dengan keberadaan orang sekitarnya, khususnya si gadis 9 tahun dan pelanggan-pelanggannya.

     Yang aku suka dari buku ini adalah beberapa rekomendasi buku yang menurutku bisa ngasih tambahan referensi kepada pembaca tentang buku-buku klasik, bisa dibilang bantu nge-hype-in buku klasik yang hampir ditelan zaman, mengingat banyaknya tulisan kontemporer yang mungkin lebih sesuai dengan kondisi saat ini.

     Selain itu, buku ini punya pesan yang cukup dalam terkait literasi dan kehidupan. Kayak, "buku adalah penyelamat ketika hidup tidak baik-baik saja". Atau "buku bisa menciptakan persahabatan antar manusia". Bisa dilihat di kisah beberapa pelanggannya yang, hmmm gimana ya, pokok ada yang menyedihkan lah. Dan di situlah ternyata buku yang selama ini mampu membuatnya waras.

     Untuk konflik baru ditemui di sepertiga akhir bukunya, yang lumayan bikin nyesek tapi masih bisa ditebak. Dan lagi-lagi, penyelesaian konfliknya nggak jauh dari buku :D. Secara umum, buku ini ngasih kesan cozy dan heart-warming sih. Aku suka, tapi bukan yang suka banget.

     Buat kamu yang suka bacaan santai dan heart warming, pasti bakal suka buku ini. Soalnya ya emang beneran heart-warming dan bikin kita jatuh cinta dengan buku berkali-kali. Hehehe.

     Tapi kalau kamu kurang suka buku yang slow paced, mungkin bakal bosan dengan buku ini. Soalnya alurnya lumayan datar dan konfliknya masih bisa ditebak endingnya.

     Nah, itu tadi review buku The Door to Door Bookstore dari Carsten Henn. Terima kasih buat yang udah baca :D.

You May Also Like

0 comments