Review Buku: Final Curtain dari Keigo Higashino

by - Februari 04, 2024



     Bisa dibilang, Keigo Higashino tuh author auto-read. Alias, selama ada buku Keigo yang bisa aku jangkau (ada versi English atau Indonesia yang LEGAL), entah beli atau pinjam di perpustakaan, pasti bakal aku baca. Ya nggak semua sih, tapi hampir semua. Soalnya ada 1 buku Keigo yang aku cuma baca awalnya aja, tapi nggak berani lanjutin, judulnya Naoko.

     Balik lagi ke buku Keigo yang aku baca. Nah, kemarin tuh aku barusan baca buku yang judulnya Final Curtain dari Keigo Higashino. Buku ini beneran bikin aku kangen masa-masa awal baca buku Keigo. Soalnya, buku ini berhasil ngasih aku kesan "hah, plot twistnya gini". Jujur ya, karena udah kebiasa baca buku Keigo, aku jadi tau pola-pola yang bakal terjadi di ceritanya. Tapi buku ini tuh mirip Kesetiaan Mr. X, yang bikin aku susah move on buat baca buku lainnya. Kenapa bisa demikian? Ayo baca reviewku sampai selesai :P. Khususnya buat pecinta Keigo Higashino-sensei.

Sinopsis Final Curtain dari Keigo Higashino

     Seorang mayat perempuan ditemukan di sebuah apartemen sekitar 10 tahun lalu. Dan ternyata, mayat perempuan ini adalah ibu Detektif Kaga. Mantan bos tempat ibu Detektif Kaga pun mengirim surat ke Kaga, mengingat sang ibu telah lama hidup seorang diri di apartemen itu. Si bos sendiri mendapatkan alamat Kaga dari salah seorang bernama Watanabe, pria yang diduga punya hubungan romantis dengan ibu Kaga. Lah, kok bisa Watanabe tau alamat Kaga? Padahal Kaga dan ibunya sama sekali tidak pernah berkomunikasi lewat jalur apapun, dan Kaga sendiri sering berpindah tempat tinggal.

     Seperti de javu, seorang mayat perempuan bernama Michiko ditemukan baru-baru ini di sebuah apartemen. Perbedaannya, kalau ibu Kaga dulu meninggal karena penyakit, si mayat perempuan ini meninggal karena dibunuh. Di saat yang bersamaan, seorang mayat pria juga ditemukan terbakar di sebuah pemukiman kumuh. Apakah ini ada hubungannya? Apakah pembunuh adalah orang yang sama?

     Pelaku masih misterius, tapi yang menjadi terduga saat ini adalah perempuan bernama Hiromi yakni seorang produser teatrikal. Dia sendiri menjadi terdakwa karena satu-satunya motif korban pergi ke Tokyo adalah untuk menemui Hiromi. Seperti apa penyelidikan polisi hingga akhirnya bisa menemukan satu kesimpulan. Dan apa hubungannya kejadian pembunuhan saat ini dengan ibu Kaga 10 tahun silam?

Kesan Saat Membaca Buku

     Buku ini dibuka dengan sudut pandang Yasuyo, seorang pemilik bar yang merupakan mantan bos ibu detektif Kaga berpuluh tahun silam. Awalnya aku ngira, buku ini bakal mengungkap misteri kematian ibu Kaga, soalnya dari situ sudah ada misteri yang menurutku aneh. Eh, pas masuk ke bagian korban kedua, aku baru ngeh kalau fokus kasusnya adalah Michiko.

     Buku ini ngingetin aku dengan Kesetiaan Mr. X. Mulai dari motif, cara pembunuhan serta cara mengaburkan bukti cukup mirip, walaupun nggak yang plek sama.

     Sebagaimana detektif Kaga di buku lain, kita akan diajak menelusuri masa lalu korban dan tersangka sampai mendetail. Cukup kaget pas tau masa lalu Hiromi, lumayan banyak plot twistnya. Aku sangat menyarankan pembaca baru Keigo untuk mulai baca ini, pasti bakal nagih!

     Ada unsur emosional yang bikin aku agak gimana gitu, soalnya ada bagian yang menceritakan tentang perselingkuhan. Dan itu ngeselin banget, pengen tak tendang kepalanya.

     Ending-nya sudah pasti plot twist ya, walaupun beberapa hal ada yang ketebak di awal, tapi buku Keigo kalau nggak ada kejutannya, rasanya aneh banget nggak sih? Di buku ini, kejutannya bikin aku terkesima, karena bisa rapi banget Keigo nyusun skenarionya, supaya bisa sampai di kesimpulan itu.

     Nah, demikian review buku Final Curtain dari Keigo Higashino. Lagi nunggu review buku apa lagi nih?

     Terima kasih buat yang udah baca!

You May Also Like

0 comments