Catatan Baca: Mengenal Ichigo Ichie? Mengapa Begitu Populer di Jepang?

by - Desember 31, 2023



     Apa itu Ichigo Ichie?

      Hidup dengan fokus ke masa sekarang memang cukup sulit, apalagi bagi mereka yang sering dihadapkan dengan kecemasan masa lalu atau ketakutan masa depan. Untuk itulah ada salah satu prinsip dalam Jepang yang cukup sering digaungkan untuk menjaga "kesadaran" di masa kini, yakni Ichigo Ichie.

     Ichigo Ichie memiliki arti: one moment, one opportunity, atau bisa dibilang ajakan untuk mengajak fokus ke masa sekarang, karena kesempatan ini tidak akan berulang. Dalam buku Ichigo Ichie karya Hector Gracia dan Francesc Miralles, mereka memberikan gambaran perayaan Ichigo Ichie dalam upacara minum teh di Jepang, di mana acara ini akan mengajak pesertanya untuk mempersiapkan teh, memberikan apresiasi terhadap alat yang digunakan, serta minum teh dengan penuh penghayatan tentunya.

     Selain itu, dibuku ini juga menggambarkan perayaan Ichigo Ichie lain yakni perayaan festival bunga sakura. Nah, karena bunga sakura hanya mekar setahun sekali, penduduk Jepang harus benar-benar fokus menikmati acara ini, karena untuk melihat bunga sakura mekar, harus nunggu setahun lagi. Jadi, nikmatin sekarang, atau harus nunggu lama lagi?

     Buku ini cukup menarik ya, apalagi bagi pecinta budaya Jepang. Pada tulisan kali ini, aku ingin berbagi catatan bacaku terkait buku ini. Kalau tertarik membaca rangkumannya, bisa dibaca tulisan ini sampai selesai!

5 Poin Menarik dalam Buku Ichigo Ichie dari Hector Gracia dan Francesc Miralles

1. Filosofi Kintsugi

     Dalam huruf Jepang, Kintsugi memiliki kombinasi kanji Kin (artinya emas), dan Tsugi (memperbaiki dengan menempelkan 2 biji yang terpisah). Dalam seni Jepang, Kintsugi merujuk pada seni memperbaiki keramik yang pecah dengan mencampurkan lacquer dengan bubuk emas. Kira-kira, contohnya ada di gambar berikut:

Sumber gambar: Kintsugi Labo Japan

     Lalu, apa keterkaitannya dengan Ichigo Ichie?

     Kintsugi mengajarkan kita bahwa selalu ada keindahan di balik ketidaksempurnaan. Jadi, tentang bagaimana kita memandang sesuatu masalah. Jika kita terlalu meratapi kesedihan dengan berusaha lari dari masalah, maka yang terjadi adalah penderitaan. Sementara kalau kita berusaha untuk "menikmati" dan melangkah maju, masalah tadi bisa diubah menjadi sesuatu yang indah.

     Jadi keterkaitannya dengan Ichigo Ichie adalah, fokus menerima masalah yang dimiliki, sembari memikirkan jalan keluar yang sesuai. Karena, masalah atau musibah yang dimiliki, merupakan cara untuk "menempa" kemampuan diri menjadi versi terbaik kita.

2. Merayakan hal-hal sederhana

     Terkadang, kita merasa hari-hari yang telah dilalui terkesan biasa aja dan sering terlewatkan. Sehingga, kita sering lupa untuk bersyukur akan hal-hal baik yang telah kita punya. Ichigo Ichie mengajak kita untuk sering merayakan segala hal baik meski dengan sederhana. Karena dengan perayaan itu, kita jadi merasa bahwa hal-hal sederhana tadi sebenarnya spesial dan "hadiah" yang diberikan Tuhan kepada kita. Jadi, bisa lebih fokus untuk menikmati apa yang dimiliki sekarang.

3. Mono no Aware

     Mono no Aware memiliki arti perasaan nostalgia bercampur kesedihan karena segala sesuatu di dunia ini tidak ada yang abadi. Perasaan ini bukanlah negatif, sebab akan mengajak manusia untuk lebih terhubung dengan makna hidup. Alhasil, perasaan ini akan membawa kita ke Ichigo Ichie.

4. Zensation

     Zensation sebenarnya merujuk pada Meditasi Zazen, yakni bentuk meditasi dengan posisi duduk tegak dengan kaki bersila. Di mana tujuannya adalah memfokuskan pikiran kepada masa kini dan mengamati hal sekitar tanpa terikat dengan pikiran yang muncul.

     Hal ini berarti, kita membiarkan pikiran di otak lewat tanpa penghakiman, entah seburuk apapun pikiran itu. Dengan mengabaikan masa lalu dan masa depan sembari merasakan sensasi masa kini.

     Nah, ada 8 pelajaran penting Zen terkait Ichigo Ichie:

a. Duduklah dan rasakan apa yang sedang terjadi

b. Rasakan setiap momen seperti ini adalah saat terakhirmu

c. Hindari distraksi

d. Bebaskan diri dari segala sesuatu yang tidak penting

e. Dirimu adalah temanmu sendiri

f. Rayakan ketidaksempurnaan

g. Latih rasa welas asih

h. Lepaskan segala jenis ekspektasi

     Nah itu tadi 4 poin menarik dari buku Ichigo Ichie karya Hector Gracia dan Francesc Miralles, semoga bermanfaat. Terima kasih buat yang udah baca.

You May Also Like

0 comments