Review Buku: Putri Kedua dari Chan Ho-Kei

by - Desember 07, 2023

Buku Putri Kedua (Second Sister) dari Chan Ho-Kei


      Internet memang seringkali membantu kita dalam beberapa hal, seperti mencari materi untuk belajar gratis, memperoleh informasi terbaru, atau mungkin hanya untuk sekadar hiburan. Sayangnya, dengan meningkatnya jenis media sosial di internet, juga diikuti dengan kejahatan dunia maya, di mana pelaku seringkali bersembunyi di balik anonimitas.

     Novel Putri Kedua atau Second Sister dari Chan Ho-Kei memberikan potret sadisnya kejahatan di dunia maya, serta dampaknya pada penggunanya. Lewat peristiwa tewasnya Siu-man akibat menjadi sasaran cyber bullying, novel ini akan memberikan banyak pelajaran tentang pro dan kontra dunia maya, dalam kehidupan sehari-hari.

Sinopsis Buku Putri Kedua

     Sepulang kerja, Nga-ye dikejutkan dengan peristiwa bunuh diri adiknya, Siu-man, yang terjun dari lantai 20. Kejadian ini tentu saja membuatnya sangat terpukul, mengingat Siu-man adalah satu-satunya anggota keluarganya yang tersisa, setelah ibu dan ayahnya meninggal. Setelah melakukan penyelidikan singkat, Nga-ye menemukan fakta bahwa adiknya menjadi korban pelecehan dan cyber-bullying di dunia maya. Dengan dendam yang membara, Nga-ye ingin mencari tahu siapa dalang dibalik akun kidkit727, yang diduga menjadi penyebab kematian adiknya. Akan tetapi, keterbatasannya dalam dunia teknologi cukup menghambat, hingga akhirnya salah satu detektif yang dibayarnya menyarankan Nga-ye untuk pergi menemui N, seorang peretas ulung yang terkenal di kalangan detektif.

     Awal pertemuan Nga-ye dengan N tidak berkesan baik, akan tetapi, dengan kegigihan Nga-ye, akhirnya N bersedia membantunya, tentu dengan biaya yang sangat besar. Penyelidikan pun dilakukan dengan mempersempit ruang lingkup, yakni teman sekolah Siu-man. Semakin diselidiki, ternyata kasus ini tidak sesepele "bully anak SMP", mengingat kasus ini juga berkaitan dengan pelecehan seksual. Apakah Siu-man benar-benar tewas karena cyber bullying? Siapa pelaku utama dari kejadian ini? Dan apa pemicu utamanya? Dalam novel berjumlah 600 halaman lebih ini, kita akan disuguhkan dengan berbagai fenomena plot-twist berlapis, serta wawasan baru terkait dunia cyber.

Review Buku Putri Kedua dari Chan Ho-Kei

     Buku ini emang udah hype banget dari tahun 2021, bahkan kalau antri di perpustakaan digital tuh lama, mengingat dapetnya susah juga. Dan setelah baca buku ini, aku langsung mikir: "pantes banyak yang minat, bukunya emang bagus dan penuh wawasan baru".

     Dibuka dengan adegan bunuh diri yang kemudian mengarah ke "status" seseorang yang diduga menjadi pemicu Siu-Man. Kemudian dilanjutkan dengan petualangan Nga-Ye dan N dalam mengutak-atik dunia cyber, demi menemukan siapa dalang dibalik penulis status itu.

     Dalam proses penelusuran ini pun, kita disuguhi dengan berbagai wawasan terkait dunia Informatika, seperti: bagaimana proses penyadapan terjadi? bagaimana melacak seseorang lewat IP? hingga bahaya apa saja yang ditimbulkan dari internet. N di sini memberikan sudut pandang ke pembaca tentang seperti apa "penjahat cyber" maupun "pahlawan cyber", mengingat dalam pemecahan kasus ini, N sempat melakukan tindakan yang menurutku illegal, yakni merekam isi komputer seseorang. Walaupun tujuannya baik, tapi kalau disalahgunakan, bisa bahaya banget.

     Kalau dilihat dari topiknya yang menurutku "berat", apalagi aku termasuk awam di bidang cyber, menurutku Chan Ho-Kei menyajikannya dengan apik dan berusaha menjelaskan dengan bahasa yang sangat ringan. Apalagi di sini ada tokoh Nga-Ye yang bener-bener gagap teknologi, jadi hampir di setiap tindakan N, kita bakal berasa dijelasin pelan-pelan. Walaupun selepas baca bukunya, aku udah lupa detail-detail teknik peretasan dan sebagainya.

     Penulis sangat cerdas dalam merangkai cerita, sebab 600 halaman ini menurutku sangat nagih. Setiap lembar dan bab, kita akan disuguhkan fakta baru yang bakal membuat kita ragu dengan dugaan kita sebelumnya. Misal, fix, pelakunya si A. Eh, pas masuk bab baru, tiba-tiba dikasih fakta lain yang merujuk ke orang lain.

     Strategi N di sini menurutku juga luar biasa sih, bener-bener detail dan niat banget. Penulis sungguh kreatif dalam menggabungkan beberapa tindakan di luar nalar si N, demi menangkap sang pelaku asli.

     Untuk Nga-ye, sebenarnya dia tuh baik, tapi kadang ngeselin juga. Terlalu keras kepala dan mengedepankan emosi, sampai-sampai N sering ngatain dia. Tapi ya wajar sih, namanya juga kehilangan adik, pasti sedih banget. Apalagi dia merasa bersalah juga karena selama ini nggak pernah mengenal adiknya lebih jauh. Jadi dia menyesal dan ingin melampiaskan penyesalannya ke orang lain.

     Ending-nya plot twist (atau sebenarnya di setiap bab udah plot twist duluan?), karena ternyata apa yang diduga di awal berbeda jauh. Kalian harus baca sih, supaya tau maksudku apa. Soalnya, di setiap bab itu kan ada bermacam-macam sudut pandang, nah di sini antagonisnya nggak cuma 1 ternyata. Nggak berani jelasin lebih jauh, karena takut spoiler. Intinya, dalam kasus bunuh diri ada faktor penyebab, terus pemicu 1, dan pemicu 2 yang bikin DUAR.

     Demikian Review Putri Kedua dariku, semoga bermanfaat. Terima kasih bagi yang sudah baca!


You May Also Like

0 comments