Review Buku: Kiki's Delivery Service dari Eiko Kadono

by - September 29, 2023



     Setiap orang punya dunia ajaib versinya sendiri, karena imajinasi setiap manusia itu tak terbatas. Hanya saja, tak semua orang berani menunjukkan "keajaiban"nya kepada semua orang. Kiki's Delivery Service dari Eiko Kadono merupakan salah satu karya hasil keajaiban imajinasi Kadono, yang kemudian berhasil dijadikan film animasi oleh Studio Ghibli.

     Nah kali ini aku ingin menulis ulasan terkait buku tersebut. Mungkin udah banyak yang tau jalan ceritanya, karena udah nonton film animasinya dulu. Tapi, gapapa. Aku tetap akan menulis reviewnya, khususnya buat kalian yang belum nonton atau penasaran sama ceritanya.

Sinopis Buku Kiki's Delivery Service

     Kiki adalah anak pasangan dari ayah yang manusia biasa dan ibu penyihir. Saat ini usia dia udah memasuki remaja. itu berarti jika dia memutuskan untuk menjadi penyihir, dia harus merantau ke luar kota selama 1 tahun. Masalahnya, kemampuan sihir Kiki masih biasa aja, yakni hanya bisa menerbangkan sapu. Tentu saja hal ini membuat ibunya khawatir, apalagi Kiki terkesan meremehkan "aturan" untuk merantau ini.

     Hari keberangkatannya ke perantauan pun tiba, setelah mengemasi perbekalannya, Kiki bersama Mimi (kucing hitamnya), langsung terbang menjelajahi satu kota ke kota lain, untuk mencari kota ideal versi Kiki. Dan perhatiannya pun jatuh ke sebuah kota yang dikelilingi laut. Akhirnya, dia pun memilih kota tersebut untuk tempat ia merantau.

     Setibanya di kota, Kiki kaget soalnya penduduk kota terkesan "acuh" dengan keberadaannya sebagai penyihir. Padahal, di kota lamanya, orang-orang sangat "bangga" dengan Kiki. Alhasil, dia mengalami kesulitan untuk mencari tempat tinggal. Tapi untungnya, ada penjual roti yang baik, sehingga Kiki bisa menumpang hidup di tokonya, dan membuka jasa kirim menggunakan sapu terbang.

     Apakah hidupnya akan mulus? Tentu tidak. Dia harus mengalami beberapa kegagalan dan masalah, karena penduduk di kota tersebut sering memintanya untuk mengantar barang-barang aneh. Nah, seperti apa sih yang diantar Kiki ini? Dan bagaimana Kiki mencoba mencari solusi ketika dia harus menghadapi customer yang aneh?

Opini terhadap buku

     Sebenarnya,  buku ini tuh simple. Karena emang ditujukan untuk anak-anak hingga remaja. Nggak yang gimana banget alurnya. Ringan, konfliknya bukan yang ruwet, tapi pelajarannya cukup mendalam. Apalagi perkembangan karakternya Kiki ada banget.

     Bukunya juga page-turner, bahasanya ringan banget dan santai. Nagih buat dibaca, karena aku dibikin penasaran dengan kelanjutan nasib Kiki.

     Buat yang merantau, pasti bakal relate dengan buku ini. Soalnya kita bisa ngelihat gimana perjuangan Kiki buat merantau pertama kali. Selain adaptasi, dia juga harus melawan ketakutannya karena profesi dia ini cukup berisiko, mengingat dia harus mengantar barang orang lain, jadi harus hati-hati banget.

     Meskipun ini bukunya untuk anak-anak, tapi ada unsur romance ala remaja tipis-tipis. Di mana Kiki yang didekati laki-laki seumurannya, tapi dianya nggak peka.

     Dari segi penggambaran suasana, bukunya seru. Kita jadi bisa bayangin seperti apa latar waktu, tempat, dan suasananya. Berasa didongengin sih, beneran.

     Dari segi penokohan, buku ini bagus juga. Karakter Kiki sebagai remaja digambarkan secara realistis: yang kadang bandel, suka melawan orangtua, dan semaunya sendiri. Tapi, sifat-sifat itu perlahan berubah setelah dia tau susahnya jadi anak rantau.

     Untuk konfliknya, tidak terlalu serem juga. Hanya seputar masalah yang dihadapi Kiki ketika nganter barang. Jadi ya lebih ke konflik batin seperti ketakutan, kurangnya percaya diri, dan semacamnya.

     Kalau udah nonton film animasi Ghiblinya, mungkin sudah tau seperti apa gambarannya. Tapi kalau pengen baca sih bisa banget. Siapa tau ada yang kelewatan atau belum dipahami ketika nonton filmnya.

     Nah, itu tadi ulasan buku Kiki's Delivery Service dari Eiko Kadono. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

0 comments