Tips Kindle: Cara Mengirim Buku ke Device Kindle

by - Oktober 21, 2023

     Kindle saat ini udah jadi salah satu gawai yang digemari buat baca buku digital. Dengan teknologi e-ink yang berasa baca buku di kertas, gawai ini juga ringan dan cuma ada aplikasi kindle yang emang dikhususkan buat baca. Jadi nggak ada alasan distraksi lagi karena pengen buka aplikasi lain.

     TAPI karena di Kindle cuma ada aplikasi kindle, bikin banyak orang masih bingung tentang gimana cara masukin buku bacaan di Kindle. Biasanya sih kalau mau baca buku, emang beli di Amazon Books dulu. Sayangnya, nggak semua orang punya kartu kredit buat alat pembayarannya.

Lalu gimana?

Pada postingan kali ini, aku mau berbagi tentang Tips Kindle, yakni Cara Mengirim Buku Digital ke Kindle. Nah, karena prosesnya cukup ribet, jadi aku akan bagi menjadi 2 bagian, yakni: 1) Melakukan Pengaturan Akun Amazon 2) Proses Pengiriman Dokumen.

Cara Mengirim Buku Ke Device Kindle

Langkah 1: Melakukan Pengaturan di Akun Amazon

1. Buat melakukan pengaturan ini, tentu saja kamu harus punya akun Amazon dulu ya. Tapi kalau punya akun Kindle atau Prime Video, berarti tandanya kamu udah punya. Jadi tinggal login aja.

2. Setelah itu, cari bagian Manage Your Content and Device> Preference, terus scroll sampai bawah dan nemu Personal Document Settings. Kurang lebih tampilannya seperti di bawah ini:



Di bagian bawah, masukkan alamat email yang akan DIPAKAI untuk mengirim file. Soalnya di kindle, kita hanya bisa menerima file dari email yang udah kita tentukan, untuk mencegah spam.


Langkah 2: Mengirim File Ke Kindle

1. Untuk bacaan gratis dan legal, biasanya aku nyari di Project Gutenberg, Terus nanti nyari yang formatnya ePub atau pdf. Soalnya Kindle hanya menerima format tertentu, jadi aku pilih 2 format itu yang menurutku paling gampang dibacanya.



2. Kalau sudah ada filenya, baru nanti kirim file ke EMAIL KINDLE KHUSUS, yang kalau digambar sebelumnya ada tulisannya @kindle.com.

Perlu diketahui, kalau ngirim filenya, TANPA SUBJEK dan TANPA ISI. Jadi langsung filenya aja. Kurang lebih seperti gambar berikut:

3. Setelah itu, buka kembali akun Amazonnya. Lalu pilih Manager Devices > Content > dan klik Docs. Kurang lebih tampilannya seperti berikut:



4. Nah setelah klik Docs, nanti akan muncul tampilan seperti di bawah ini:



Kotak putih di atas akan berisi buku-buku yang kamu kirim dari email. Nah, lalu pilih Deliver to Device. Dan nanti akan muncul pilihan device seperti yang ada di atas. Lalu centang, dan tinggal klik Make Changes.

5. Buka Kindle kamu, lalu refresh. Dan SELESAI! Buku yang kamu kirim akan muncul di sana. Untuk nunggu munculnya, harus sabar ya. Biasanya kalau koneksi nggak bagus, bakal agak lama munculnya.

Nah, itu tadi Tips Kindle: Cara Kirim Buku ke Device Kindle. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

0 comments