Pengen Jadi First Reader? Coba Buka Situs Ini Yuk!

by - Juli 02, 2023

     Bagi sebagian besar pembaca, pasti banyak yang pengen jadi first reader atau pembaca pertama dari suatu buku yang akan diterbitkan. Masalahnya, nggak semua orang punya "akun besar" yang mampu menarik penerbit buat ngasih kesempatan mereka membaca buku yang akan terbit. Apalagi kalau penerbit luar negeri.

     Nah, pada kesempatan kali ini, aku ingin berbagi beberapa situs yang bisa ngasih kita kesempatan buat jadi first reader, meskipun akun media sosial kita belum besar. Buku-buku yang tersedia di sini berbahasa Inggris ya! Jadi kalau kamu memang pembaca buku-buku berbahasa Inggris, baca tulisan ini sampai selesai yuk!

1. Netgalley

     Situs ini sudah cukup terkenal di kalangan book lover barat, soalnya situs ini menyediakan koleksi paling banyak, bahkan dari Penerbit Indie luar pun ada. Selain itu, situsnya juga nggak terlalu "berat", jadi loading-nya langsung sat-set dan mudah dipahami.

     Untuk bisa akses di Netgalley, kamu harus bikin akun dulu. Gampang kok, tinggal buka aja situsnya, nanti bakal langsung diarahin ke Sign Up, kalau belum punya akun.

     Nah setelah punya akun, kita bisa langsung beberapa buku yang tersedia. Tapi biasanya, harus request dulu. Nah, request ini nggak selalu diterima ya, kadang ditolak penerbit. Soalnya penerbit biasanya punya preferensi sendiri, misal: pengguna dari negara X, atau pengguna yang statusnya adalah librarian, dan yang paling penting, pengguna yang score feed-backnya di atas 70%.

     Untuk yang terakhir, aku saranin buat nyari bacaan yang berlabel "Read Now" dulu. Biasanya, yang berlabel ini kita nggak perlu request, jadi bisa langsung baca. Dari situ, mulai deh rajin-rajin baca dan ngasih review, biar score kamu bisa naik.

     Cara bacanya ada 2 opsi, bisa lewat app Kindle, atau bisa juga download app Netgalley sendiri. Soalnya kan ini "dokumen rahasia", jadi formatnya emang khusus. Dan yang nggak kalah penting, ketika request kita diterima, kita harus cepet download bukunya sebelum tanggal "archive", kalau sudah lewat itu, udah nggak bisa didownload.

2. LibraryThing

     Sama dengan Netgalley, kita tinggal bikin akun di sana dan lengkapi semua identitas yang diperlukan. Setelah itu, langsung cari tulisan "LibraryThing Early Reviewers", untuk melihat buku-buku yang tersedia.

    Nah, untuk membaca bukunya, ada LibraryThing agak beda dengan Netgalley. Di sini, kita seperti ikut "Give Away". Kita tetep request, tapi nanti copy-nya ada 2 jenis, buku fisik dan digital. Kalau fisik, nanti dikirim ke alamat yang kamu cantumkan. Sementara kalau digital, dikirim lewat email dalam bentuk pdf yang versi belum diedit.

     Periode give away-nya sendiri selalu dimulai di awal bulan, dan diundi di akhir bulan. Setiap bulan selalu ada. Di sini, kita juga bisa tau "jumlah copy" yang tersedia dan jumlah peserta give away-nya. Jadi bisa nyari-nyari peluang biar bisa menang. Hehehe.

3. Edelweiss

     Kalau di aku sendiri, situs ini termasuk "berat" soalnya loadingnya sangat lama (padahal sudah pakai data). Edelweiss masih serupa dengan Netgalley, hanya saja kalau mau request kita harus menyertakan alasan yang meyakinkan (kayak interview kerja aja), dan profil kita harus lengkap, agar potensi kita di-accept lebih besar.

     Di Edelweiss sendiri, biasanya kalau kamu punya jumlah "followers" besar di Instagram atau TikTok, bakal jadi pertimbangan juga. Jadi, kalau kamu punya akun khusus buku, entah itu Blog, Instagram atau TikTok dengan engagement besar, bakal punya peluang lebih besar buat dapetin ARC di Edelweiss.

     Buat baca bukunya, bisa disambungkan lewat akun Kindle ya! Nanti ada tata caranya kok biar buku yang di-accept, langsung tersedia di app Kindle kamu.


     Nah, itu tadi adalah situs-situs penyedia ARC (Advanced Reader Copy) atau buku-buku yang belum terbit dalam Bahasa Inggris. Mungkin teman-teman di sini ada tambahan lain? Tulis di kolom komentar ya!

You May Also Like

0 comments