Pagelaran Wayang 72 Jam, Upaya Melestarikan Budaya Jawa

by - Mei 11, 2023

     Beberapa hari lalu, tepatnya tanggal 2-4 Mei, lagi heboh ada pagelaran wayang 3 hari berturut di Kabupaten Kediri. Acara ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Kediri bulan Maret lalu. Nah, karena Maret kan mepet sama Ramadan, alhasil acara-acaranya diundur setelah lebaran.

     Dari yang aku dengar, dalang dan sinden yang tampil di pagelaran itu lintas generasi. Ada yang masih mahasiswa, ada juga yang udah sepuh (dengan pengalaman bertahun-tahun). Awalnya sempet mikir, "emang masih ada yang suka wayang?", eh ternyata rame.

     Kalau ada yang tanya, kenapa sih ngadain pagelaran wayang 3 hari berturut-turut? Mana acaranya bukan di pusat Kediri lagi? Aku sendiri juga sempet bingung :D. Soalnya, tempat pagelaran wayang ini bisa dibilang ada di "pinggiran", soalnya emang berbatasan langsung dengan kabupaten lain. Apalagi, ternyata acara ini beneran besar! Dan pasti ngabisin dana banyak.

     Tapi kalau dipikir-pikir, pengadaan acara di kecamatan "pinggir" ini bagus sih. Soalnya, biar pemerataan, tidak cuma kecamatan itu-itu aja yang jadi tuan rumah acara besar. Selain itu, karena kecamatan Papar ini (tempat acara berlangsung), termasuk kawasan strategis, mengingat sering jadi jalur lewat transportasi antar kabupaten dan muatan industri.

     Balik lagi ke Pagelaran Wayang. Sebenarnya bagus sih kalau Bupati Kediri ngadain acara kayak gini (sering-sering deh), supaya budaya wayang bisa terus lestari dari generasi ke generasi. Bukan cuma orang-orang tua aja yang tau, tapi orang muda jadi ikutan tertarik untuk mempelajarinya.

     

You May Also Like

1 comments