Mindfullness

by - September 30, 2022

      Akhir-akhir ini sebenarnya mencoba menjalani hari dengan mindfullness atau fokus penuh terhadap apa yang sedang dijalani. Sebagai contoh, ketika aku sedang menulis tulisan ini, aku benar-benar memperhatikan bagaimana suara keyboard laptop berbunyi dan memperhatikan tiap kata yang keluar di layar setelah aku memencet beberapa tombol keyboard. Ternyata, sungguh satisfying ya.

     Salah satu mindfullness yang menurutku menyenangkan adalah ketika makan. Dengan mendengar suara air ketika dituang dari botol ke gelas. Ketika mulai merasakan masuknya makanan dalam mulut, kemudian mengunyah sambil memperhatikan rasa makanannya. Hingga merasakan sensasi ketika menelan dan makanan melewati kerongkongan.

     Selain itu, aku juga sekali memperhatikan aroma parfum maupun body mist yang aku pakai. Mendengarkan semprotan yang keluar dari spray, kemudian memperhatikan konsentrasi cairannya (yang kadang lebih berminyak untuk parfum), hingga memperhatikan perubahan aroma dari awal disemprot hingga beberapa menit setelahnya, maupun ketika sudah menempel di kulit.

     Bagikum mindfullness adalah terapi agar aku bisa merasa lebih tenang. Ketika pikiran mulai meracau ke masa lalu maupun masa depan, biasanya aku langsung menghirup nafas dalam-dalam. Kemudian mencari aroma yang bisa kuhirup (kalau mau tidur biasanya minyak kayu putih, soalnya aku suka aroma minyak kayu putih, hehehe). sambil berusaha fokus ke aroma minyak kayu tersebut hingga pikiran lebih tenang.

     Sebenarnya aku penasaran dengan manfaat mindfullness dari segi sains. Maksudnya yang sudah ada penelitiannya gitu. Hal ini lah yang membuatku tertarik untuk belajar neuroscience, tapi masih mencari bacaan yang cocok untuk pemula sepertiku.

You May Also Like

0 comments